- Jaringan Syaraf Buatan (Artificial Neural Networks),
Jaringan syaraf tiruan (artifical
neural network) adalah sistem komputasi yang arsitektur dan operasinya
diilhami dari pengetahuan tentang sel syaraf biologis di dalam otak. Jaringan
syaraf tiruan merupakan salah satu representasi buatan dari otak manusia yang
selalu mencoba menstimulasi proses pembelajaran pada otak manusia tersebut.
Jaringan syaraf tiruan dapat digambarkan sebagai model matematis dan komputasi
untuk fungsi aproksimasi non-linear, klasifikasi data cluster dan regresi
non-parametrik atau sebuah simulasi dari koleksi model jaringan syaraf biologi.
Model jaringan syaraf
ditunjukkan dengan kemampuannya dalam emulasi, analisis, prediksi dan asosiasi.
Kemampuan yang dimiliki jaringan syaraf tiruan dapat digunakan untuk belajar
dan menghasilkan aturan atau operasi dari beberapa contoh atau input yang dimasukkan
dan membuat prediksi tentang kemungkinan output yang akan muncul atau menyimpan
karakteristik input yang diberikan kepada jaringan syaraf tiruan.
Salah satu organisasi yang
sering digunakan dalam paradigma jaringan syaraf tiruan adalah perambatan galat
mundur atau backpropagation. (Hermawan, 2006)
- Logika Fuzzy (Fuzzy Logics)
Logika fuzzy adalah salah
satu komponen pembentuk soft computing. Logika fuzzy pertama kali
diperkenalkan oleh Prof. Lotfi A. Zadeh pada tahun
1965. Dasar logika fuzzy adalah teori himpunan fuzzy. Pada teori
himpunan fuzzy, peranan derajat keanggotaan sebagai penentu keberadaan
elemen dalam suatu himpunan sangatlah penting. Nilai keanggotaan atau derajat
keanggotaan atau membership function menjadi ciri utama dalam penalaran
dengan logika fuzzy tersebut (Kusuma Dewi, 2003).
Logika fuzzy
dapat dianggap sebagai kotak hitam yang berhubungan antara ruang input
menuju ruang output (Kusuma Dewi, 2003). Kotak hitam tersebut berisi
cara atau metode yang dapat digunakan untuk mengolah data input menjadi output
dalam bentuk informasi yang baik.
- Algoritma Genetik (Genetic Algorithms),.
Algoritma
genetika adalah algoritma
komputasi yang
diinspirasi teori evolusi yang kemudian diadopsi menjadi algoritma komputasi
untuk mencari solusi suatu permasalahan dengan cara yang lebih “alamiah”,
algoritma genetik juga merupakan algoritma pencarian secara heuristik. Salah
satu fungsinya ialah untuk mencari solusi atas permasalahan optimasi kombinasi,
yaitu mendapatkan suatu nilai solusi optimal terhadap suatu permasalahan yang
mempunyai banyak kemungkinan solusi. Teori dasar dari Algoritma
Genetika dikembangkan oleh John Holland awal
tahun 1975 di Universitas Michigan, Amerika Serikat. Dimana prinsip algoritma
genetik diambil dari teori Darwin yaitu setiap makhluk hidup akan menurunkan
satu atau beberapa karakter ke anak atau keturunannya. Penyelesaian menggunakan
algoritma genetik sangat berpengaruh dari kromosom yang dibangun, dimana
kromosom ialah sebuah molekul yang berisi DNA dimana terdapat informasi genetik
dalam setiap sel gen yang disimpan.
- Robotika
Robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot. Robotika terkait dengan ilmu pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer. AI ini banyak digunakan di pabrik. Biasanya dibuat untuk melakukan kegiatan otomatisasi, misal dalam PLC (Programmable Logic Contro - Permainan Komputer (Games),
AI jenis ini yang paling disukai oleh anak-anak, misal untuk memainkan game Age of Mythology atau Counter Strike.
Daftar pustaka :
http://informatika.web.id/logika-fuzzy.htm
http://jalanwaktu.wordpress.com/jaringan-syaraf-tiruan/
http://informatika.web.id/algoritma-genetik.htm
Pengenalan Komputer” karangan Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D
Artificial Intelligence, Sri Kusumadewi, Graha Ilmu Yogyakarta, 2003
Artificial Intelligence, Sandi Setiawan, Andi Offset Yogyakarta, 1993
Mengenal Artificial Intelligence, Suparman, Andi Offset Yogyakarta, 1991.
http://siferrsaankes.blogspot.com/2012/05/kecerdasaan-buatan.html
http://setiyanugroho.wordpress.com/2011/04/12/kecerdasan-buatan-dalam-game/
A Short Description about youself
Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments
0 comments: