Definisi Kecerdasan buatan
Apakah Artificial Intelligence (AI) atau Intelegensi Buatan itu?
AI
dapat didefinisikan sebagai suatu mesin atau alat pintar (biasanya adalah suatu
komputer) yang dapat melakukan suatu tugas yang bilamana tugas tersebut
dilakukan oleh manusia akan dibutuhkan suatu kepintaran untuk melakukannya.
Definisi ini tampaknya kurang begitu membantu, karena beberapa ahli berpendapat
:
·
H.A Simon
(1987):
o “kecerdasan
buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan
pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia
adalah cerdas”.
·
Rich and
Knight (1991):
o “sebuah
studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini
dapat dilakukan dengan lebih baik oleh manusia”.
·
Encyclopedia
Britannica:
o “merupakan
cabang dari ilmu computer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak
menggunakan bentuk symbol-simbol dari bilangan, dan memproses informasi
berdasarkan metode heuristic atau berdasarkan sejumlah aturan”
B.
Sejarah Kecerdasan Buatan
Mulai sekitar abad 18 sebagaimana
mesin telah menjadi lebih kompleks, usaha yang keras telah dicoba untuk
menciptakan manusia imitasi. Pada tahun
1736 seorang penemu dari perancis, Jacques
de Vaucanson (1709-1782) membuat suatu mesin pemain seruling berukuran
seperti seorang manusia yang dapat memainkan 12 melodi nada. Tidak hanya ini
saja, mekanik tersebut dapat memindahkan bibir dan lidahnya secara nyata untuk
mengontrol arus dari angin ke dalam seruling.
Pada tahun 1774 seorang penemu dari perancis, Pierre Jacques Drotz mencengangkan masyarakat Eropa dengan suatu
automation berukuran sekitar seorang anak laki-laki yang dapat duduk dan
menulis suatu buku catatan. Penemuan ini kemudian dilanjutkan dengan yang
lainnya, yaitu automation yang berupa seorang gadis manis yang dapat memainkan harpsichord. Semuanya itu masih
merupakan proses mekanik yang melakukan gerak dengan telah ditentukan terlebih
dahulu.
Manusia masih berusaha untuk
menciptakan mesin yang lainnya. Pada tahun
1769, dataran Eropa dikejutkan dengan suatu permainan catur yang dapat
menjawab langkah-langkah permainan catur yang belum ditentukan terlebih dahulu.
Mesin ini disebut dengan Maelzel Chess
Automation dan dibuat oleh Wolfgang
Von Kempelan (1734-1804) dari Hungaria. Akan tetapi mesin ini akhirnya
terbakar pada tahun 1854 di Philadelphia Amerika Serikat.banyak orang tidak
percaya akan kemampuan mesin tersebut. Dan seorang penulis dari Amerika
Serikat, Edgar Allan Poe (1809-1849)
menulis sanggahan terhadap mesin tersebut, dia dan kawan-kawannya ternyata
benar, bahwa mesin tersebut adalah tipuan, dan kenyataannya bukanlah
aoutomation, tetapi merupakan konstruksi yang sangat baik yang dikontrol oleh
seorang pemain catur handal yang bersembunyi di dalamnya.
Usaha untuk membuat konstruksi mesin
permainan terus dilanjutkan pada tahun
1914, dan mesin yang pertama kali didemonstrasikan adalah mesin permainan
catur. Penemu mesin ini adalah Leonardo
Torres Y Quevedo, direktur dari Laboratorio
de Automatica di Madrid, Spanyol. Beberapa tahun kemudian, ide permainan
catur dikembangkan dan diterapkan di komputer oleh Arthur L. Samuel dari IBM dan dikembangkan lebih lanjut oleh Claude Shannon.
Pada abad ke 20, Automation sudah
banyak dikembangkan dan diterapkan terutama pada Angkatan bersenjata Amerika
Serikat, berupa program-program simulasi peperangan. Sekarang ini, perkembangan
AI sudah mencapai pada tahap yang dapat dikatakan fantastis, terutama di
bidang-bidang berikut:
- Game
Playing
-
General Problem Solving
-
Natural Language Recognition
-
Speech Recognition
-
Visual Recognition
-
Robotics dan system pakar
dDaftar pustaka :
http://informatika.web.id/logika-fuzzy.htm
http://jalanwaktu.wordpress.com/jaringan-syaraf-tiruan/
http://informatika.web.id/algoritma-genetik.htm
Pengenalan Komputer” karangan Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D
Artificial Intelligence, Sri Kusumadewi, Graha Ilmu Yogyakarta, 2003
Artificial Intelligence, Sandi Setiawan, Andi Offset Yogyakarta, 1993
Mengenal Artificial Intelligence, Suparman, Andi Offset Yogyakarta, 1991.
http://siferrsaankes.blogspot.com/2012/05/kecerdasaan-buatan.html
http://setiyanugroho.wordpress.com/2011/04/12/kecerdasan-buatan-dalam-game/
dDaftar pustaka :
http://informatika.web.id/logika-fuzzy.htm
http://jalanwaktu.wordpress.com/jaringan-syaraf-tiruan/
http://informatika.web.id/algoritma-genetik.htm
Pengenalan Komputer” karangan Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D
Artificial Intelligence, Sri Kusumadewi, Graha Ilmu Yogyakarta, 2003
Artificial Intelligence, Sandi Setiawan, Andi Offset Yogyakarta, 1993
Mengenal Artificial Intelligence, Suparman, Andi Offset Yogyakarta, 1991.
http://siferrsaankes.blogspot.com/2012/05/kecerdasaan-buatan.html
http://setiyanugroho.wordpress.com/2011/04/12/kecerdasan-buatan-dalam-game/
A Short Description about youself
Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments
0 comments: